Selasa, 09 Februari 2010

pemilihan dan perawatan kelinci

Tips sederhana dari saya dalam merawat kelinci. Pertama pilihlah kelinci yang umurnya lebih dari 2,5 bulan. Kelincinya jangan dimaenin dulu sekitar 5 hari biar ga stress di rumah baru. jangan lupa kelincinya di beri minum. sekitar 1/4 gelas kecil per hari cukup. di tempat jualan pasti jarang dikasi minum kan! Terus kandang wajib dibersikan setiap hari. kelinci tuh bagusnya dikasih hay (rumput yang dah dikeringikan), di beberapa blog yang dah saya baca, sawi juga bagus buat kelinci.  

Penyakit yang sering dan umum banget sama kelinci itu scabies sama mecret! scabies itu penyakit seperti koreng atau kurap di sekitar kuping hidung dan jari pada kaki. biasa terjadi karena kandang yang kotor atau lembab. dapat di sembuhkan. jika ke dokter , akan di suntik scabies dengan biaya sekitar 30-40 rupiah. atau dapat juga diberikan salep anti scabies di apotik. salep 88 juga bisa ko. klo mencret, kurangin air minum, kasi makan pelet saja, lalu berikan diap*t. dijamin sembuh deh. ada juga beberapa catatan dari beberapa blog lain di bawah ini, silakan di baca...^^

Memilih kelinci
Jika anda berkeinginan untuk beralih ke hobi memelihara kelinci, maka tentu anda sudah tau sebelumnya tentang jenis kelinci yang ingin anda pilih…
Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam memilih kelinci peliharaaan anda dan Berikut beberapa tips memilih kelinci sehat :
Bagian kepala dan wajah kelici
kelinci yang mempunyai sorot mata yang jernih dan tajam merupakan salah satu indikator kelinci sehat, kelinci yang baik memiliki taring yang kuat tapi tidak tajam, lihat juga pada bagian hidung kelinci apakah ada cairan, hati-hati jika ternyata kelinci pilihan anda terkena flu, pilihlah kelinci dengan telinga yang tegak, kecuali untuk kelinci tertentu yang memang memiliki karakter telinga kelincin yang layu atau turun.
Bagian kaki kelinci
Bentuk kaki yang baik pada kelinci berpa kaki yan tegak, jadi lihatlah terlebih dahulu keadaan kaki kelinci pada saat kelinci dalam posisi berdiri untuk memastikan.
Bagian badan kelinci
Ciri kelinci yang memiliki bagian badan yang baik adalah kelinci yang memiliki bentuk badan yang gemuk dan berisi.
Bentuk ekor kelinci
Bentuk ekor yang baik bgi kelinci adalah ekor yang lurus dan tegak.
Pilihlah kelinci yang aktif dan energik
Kelinci yang aktif dan energik menunjukkan bahwa organ dan otot kelinci berfungsi dengan baik, serta menunjukkan kesehatan kelinci yang terawat.
Jangan pilih kelinci yang penakut.
Kelinci yang terlalu penakut, apalagi jika disentuh manusia akan sangat merepotkan pada saat melakukan perawatan, jadi jika hendak memilih kelinci pastikan kelinci tersebut tidak takut jika dipegang atau disentuh.


Related Posts by Categories



0 coment:

Poskan Komentar