Sabtu, 12 Juni 2010

Tentang landak susu ( African Pygmy Hedgehog)

Mohon maaf sebelum nya, ni rangkuman postingan dari blog2 sebelah. saya lagi pengen banget melihara jadi biar ga lupa di simpen di blog aja biar klo butuh tinggal baca. dan sekarang dah punya, hehehe... moga bisa share informasi buat yang baru atau dah lama seneng dan punya landak susu. moga bermanfaat.
(Sumber : by jobaja3raja pada 26 Jun 2009 & kontan.co.id )


Beda landak (porcupine) dengan landak susu (hedghehog)


Image Image
Landak (porcupine) adalah landak yang selama ini kita lihat baik di TV maupun difilm karton, dimana kalau diserang musuh, dia bisa "melontarkan" durinya sehingga musuh kabur kesakitan
Landak (porcupine) ini juga termasuk herbivora, Masa kehamilan sekitar 16 minggu atau hampir 100 hari, dan bisa terjadi 2 kali dalam setahun. Umur Landak
(porcupine) dikabarkan ada yang pernah mencapai 20 tahun
Anak Landak (porcupine) dilahirkan dengan mata terbuka dan bulu lembut.


Image Image
Yang sekarang lagi menjadi trend pet adalah landak susu (hedghehog), binatang insectivora yang artinya pemakan serangga, banyak orang masih beranggapan bahwa hedgehog domestik adalah landak (procupine). Yang sebenarnya mereka benar-benar berbeda dan tidak berhubungan. Sementara bulu landak benar-benar runcing, berduri, dan sangat berbahaya; bulu hedgehog rata dan tidak sampai runcing. Memegang hedgehog dapat dimiripkan seperti sikat rambut – kasar tetapi tidak berduri. Umur Hedghog bisa mencapai 4-7 tahun. Hedgehog menhadapi musuhnya dengan mengulung diri seperti bola


berbeda dengan Anak Landak (porcupine), anak landak susu (hedghehog) lahir dalam keadaan buta, merah, hampir botak ajaibnya, dalam beberapa jam saja duri lunak mereka muncul dari dalam kulit. Setelah beberapa bulan, duri "percobaan" yang masih lunak itu tanggal untuk diganti dengan duri lain yang lebih betulan


Dimana tempat yang terbaik untuk membeli Hedgie?
Umumnya, lebih baik membeli hewan peliharaan dari peternak (breeder) daripada toko hewan (pet shop) , tetapi sayangnya ini tidak selalu mungkin. Dimana pun anda beli akhirnya, pastikan peternak atau toko tersebut mempunyai paling sedikit informasi akan umur dan latar belakang si Hedgie.


Jika ada beberapa Hedgie untuk yang dipilih, Hedgie mana yang harus saya pilih?
Anda dapat memilih satu ekor Hedgie karena mereka hidup menyendiri (solitaire) yg artinya anda bisa memelihara hanya 1 ekor landak dan berani dijamin, si landak susu tidak akan kesepian atau mencoba kabur dan umumnya tidak suka bersama-sama dalam satu kandang.
Jangan pernah membeli jantan dan betina untuk ditaruh dalam satu kandang jika anda tidak mau beranak-pinak. Hedgie siap untuk berkembang-biak paling cepat 8 minggu tetapi sebaiknya betina jangan diternak sebelum umur 5 bulan, jadi berhati-hatilah. Landak susu, rata2 di jual sekitaran 300-400rb.


Watak Ini adalah salah satu yang penting dan sebaiknya menjadi satu faktor keputusan apakah anda akan membeli hewan itu atau tidak. Setelah memilih salah satu calon, telitilah dengan baik. Apakah dia membuka gulungan setelah beberapa detik? Apakah dia mengklik, lompat atau mendesis? Mendesis tidak apa-apa. Dia hanya sedikit takut terancam anda karena dia tidak mengenal anda. Tetapi mengklik berarti dia mencoba mengancam anda.


Sikap ini tidak dapat diterima dan sebaiknya anda mencari hedgehog lainnya yang sifatnya lebih baik. Setiap hedgehog berbeda dan unik. Beberapa suka bermain dan bertualang, sedangkan yang lain mungkin lebih suka dielus dan dipeluk. Anda akan lebih puas dengan hewan peliharaan anda yang baru jika anda memilih salah satu yang sesuai dengan kepribadian dan gaya hidup anda.


Memilih Hedgie yang sehat.
* Apakah matanya baik, bulat, bercahaya, terbuka lebar dan bersinar tanpa cairan?
* Apakah hidungnya bersih dan tidak meler atau tidak kering kusam?
* Apakah telinganya pendek, bersih tanpa ada kotoran atau lapisan keras dibelakangnya? Seringkali telinga dikunyah oleh anaknya. Selama telinganya telah sembuh maka ini tidak perlu dikhawatirkan.
* Apakah bulu rambut pada perutnya halus dan tidak kusut maupun ada kotoran yg menempel ataupun kerak?
* Periksa kandangnya, apakah kehijauan atau ada bekas diare?
* Apakah badan hedgehognya gemuk? (bukan lemak)
* Taruhlah ditempat yang datar seperti meja dan lihat dia berjalan. Apakah dia terhuyung-huyung atau kesulitan untuk tetap tegak?
* Apakah anda mendengar derikan pada saat dia bernafas? (Jangan buat kekeliruan, hedgehod berkomunikasi dengan mengeluarkan bunyi seperti chirping(siulan), purring atau cheeping untuk bunyi derik radang paru-paru.


Jenis kelamin Hedgie
Betina dan jantan keduanya sama dapat menjadi hewan peliharaan yang baik jadi keputusan ini tergantung pada anda sendiri. Anda dapat cepat membedakan jantan atau betina. Jika hedgehog jinak dan bersahabat, perlahan putar roll over dan lihat ke daerah ekornya. Alat kelamin betina dekat dengan anus, sementara alat kelamin jantan agak keatas perutnya. Jaraknya kurang lebih 1,5 cm pada anak/hoglet jantan. Tetapi, jarak ini bertambah menjadi 2 cm atau lebih pada saat dewasa.


Umur berapa sebaiknya sebelum Hedgie dapat di bawah pulang ke rumah?
Jangan pernah membawa pulang ke rumah sebelum umurnya paling sedikit enam minggu. Hedgehog yang lebih tua juga boleh, tetapi perlu dipertimbangkan bahwa hedgehog muda, lebih baik kesempatannya menjalin ikatan dengan anda.




Kandang macam apa yang mereka perlukan?
Hedgie anda akan membutuhkan rumah yang aman karena mereka termasuk pemanjat yang baik dan dapat mudah sekali keluar dari kandang jika tutup atasnya terbuka yang umumnya kandang untuk marmut atau kelinci. Jika anda menggunakan kandang dengan atas terbuka, kandang tersebut harus memiliki daerah licin/datar paling sedikit tingginya 30 cm dan memiliki area lantai 40 x 60 cm. Aquarium 60 cm juga cukup sesuai. Tetapi juga harus memiliki sirkulasi yang baik dan penerangan yang cukup tetapi jangan terkena sinar matahari langsung pada siang hari.


Taruhlah rumah baru Hedgie anda di daerah yang nyaman, hangat, pencahayaan yang cukup, bebas dari sampah dan sinar matahari langsung. Mereka paling nyaman pada suhu antara 18-27 derajat Celsius.


Sebagai tambahan kandangnya, Hedgie anda juga akan membutuhkan perlengkapan dibawah ini:
Alas: serutan aspen, pinus adalah pilihan yang terbaik untuk alas/bedding. Jangan serutan cedar. Tongkol jagung (corn cobb) yang telah dihancurkan juga dapat menjadi alas yang baik dan aman dipakai untuk betina dan yang dewasa, tetapi sebaiknya tidak dipakai untuk jantan yang masih muda. Taruh alas setinggi kira-kira 5 cm secara rata di lantai kandangnya.


Tempat Makanan: Tempat makanan perlu cukup lebar dan berat untuk mencegah hedgehog anda membalikan isinya dan menggunakannya sebagai mainan. Keramik kecil yang digunakan untuk roden kecil adalah tempat makanan yang baik untuk Hedgie. Lebar atau diameter tempat makanan bisa 8 รข€“ 16 cm dan ketinggiannya sebaiknya jangan melampui dari 8 cm.


Botol air: Botol air lebih baik daripada tempat minum yang terbuka. Hedgehog suka sekali mengisi tempat air minumnya yang terbuka dengan serutan sehingga menyulitkan mereka sendiri untuk mendapatkan air yang cukup.


Tempat persembunyian: Ini dapat yang sederhana seperti pipa pvc 4 inch, teko plastik, atau kotak bekas sepatu ditambah dengan lubang. Kotak ini sebaiknya diganti setiap 2 atau 3 minggu. Sekali.


Kotak kotoran (litter box): Hewann peliharaan anda akan menggunakannya jika anda menyediakannya. Kotak kecil dalam 5 cm, 15 x 20 cm, setengahnya cukup diisi dengan pasir zeolite no.2 dicampur pasir bali




Makanan apa yang saya harus berikan dan berapa banyak?
Di Indonesia belum dijual pakan khusus untuk landak, anda bisa memberikan makanan anjing / kucing yang berupa makanan kering (pellet).
Makanan variasi (snack) seperti ulat hongkong /ulat jerman, mealworm dan jangkrik dan buah-buahan dan sayuran.


Makanan tambahan (snack)ini sebaiknya tidak diberikan lebih dari 3 atau 4 kali dalam seminggu. Makanan kering (pellet) sebaiknya menjadi makanan utamanya. Sementara makanan kering dapat diberikan secara bebas untuk semuanya,
Untuk hedgie yang kegemukan (obesitas), makanan tambahan sebaiknya hanya diberikan tidak lebih dari 15 menit lalu angkat sisanya.


Jangan memberikan makanan yang merupakan produk susu maupun coklat, karena pencernaan landak itu intoleransi laktosa...alias tidak tahan terhadap laktosa, dijamin langsung mencret deh.


Perawatan dan Penanganan
Waktu anda membawa pulang Hedgie yang baru, taruhlah dia di kandang dan biarkan dia sendiri paling sedikit sehari (1x24jam). Anda dapat mengangkat dan memegangnya sekali atau dua kali dalam beberapa menit di hari pertama, tetapi ingat, kemungkinan hedgehog memerlukan waktu seminggu sebelum dia serasa seperti dirumahnya sendiri lagi.
Bayi hedgie memerlukan tidur yang cukup pada bulan pertamanya setelah dia bersama anda, jd jgn terlalu khawatir jika pertamanya dia banyak tidur.


Reproduksi kapan dan bagaimana
Dihabitat aslinya, mereka menyambut musim kimpoi (kimpoi) dengan teriakan riuh rendah para jantan, mirip dengkuran ehm ehm. Mereka mulai berubah bentuk. Kelenjar kelaminnya membengkak, sampai perutnya membuncit. Tetapi perut buncit ini justru membuat mereka seksi di mata para betina. Landak jantan pamer perut buncitnya sambil mengelilingi betinanya terus-menerus, diiringi dengkuran secara berkala yang ritmis, sampai betina yang dirayu akhirnya merebahkan semua duri tegangnya.


Rayuan gombal berakhir, dan diikuti acara pacaran, berupa ambus-ambus (saling menyentuh hidung masing-masing). Selesai acara ini, perkimpoian dimulai. Bagi yang berjiwa romantis, jangan bayangkan suasana mesra, mereka akan saling mengigit, mendesis (kalau bisa jambak2an kali) bahkan sampai berdarah-darah, Yang jantan akan mengelilingi yang betina beberapa jam sebelum acara kimpoi (mating), setelah mengelilingi 10-12 kali, akhirnya yang betina tunduk, merebahkan durinya dan si jantan berpegang pada bahu si betina dengan mengigitnya ck ck ck dan terjadilah proses alami yg akan menghasilkan regenerasi.


semasa kehamilan, sampai melahirkan sebaiknya jantan dan betina dipisah, tiga puluh lima hari kemudian lahirlah anak-anak landak susu, 4 - 7 ekor sekaligus, tapi berurutan. Mula-mula masih merah, buta, dan tidak berduri. Akan tetapi, ajaibnya, dalam beberapa jam saja duri lunak mereka muncul dari dalam kulit. Setelah beberapa bulan, duri "percobaan" yang masih lunak itu tanggal untuk diganti dengan duri lain yang lebih betulan.


Induk landak akan memberikan ASIL (air susu ibu landak) secara eksklusif selama 1 bulan, begitu si bayi melek dan siap2 belajar berjalan, si ibu jg akan mulai proses penyapihan / cerai susu, walaupun ada ibu landak yg akan tetap menyusui selama si anak terus ada disamping si ibu
proses penyapihan ini adalah yg terpenting dan proses pertama yg dipelajari si anak landak :
apakah yg dimakan ibuku?
anak landak akan mulai mencoba2 merangkak masuk ketempat makanan, pertama2 akan diketemukan sisa kunyahan si anak, bahkan bekas lepehan/muntahan..

bagaimana dan kapan ibuku makan?

semakin besar, anak landak itu akan semakin sering berkeliaran, keluar dari hiding box, akan terlihat lucu karena si anak akan membuntuti si ibu kemana saja si ibu pergi.


 Memandikan Landak susu
Hedgie atau landak susu sesuai dengan habitatnya tinggal dipermukaan tanah, mereka selalu harus kering, makanya landak susu tidak perlu dimandikan sering2..
Apabila mereka menemukan bau yang bau/tidak dikenal, mereka suka menebarkan ludah mereka yang telah berbentuk busa diantara duri mereka dan kegiatan ini membuat mereka jadi kotor..Inilah yang disebut self anointing, Kalau kegiatan self anointing ini semakin sering, sudah saat nya si landak susu mandi...

Kamu dapat memandikan mereka di baskom, tempat cuci, bak mandi, untuk lebih simpel, saya lebih suka menggunakan wastafel, lebih baik lagi untuk menyiapkan airnya dulu, supaya tidak terlalu panas sehingga membuat landak trauma (dikira mo direbus...)
Usahakan selalu mengecek temperatur air terlebih dahulu sebelum mencelupkan si landak.



red : tambahan nih, boleh juga diguyur langsung dengan shower..asal...tidak lama2..tidak kerendam hidungnya..



Landak susu adalah perenang yang baik, sehingga aman membuat mereka "berenang" di wastafel yang berisi air cukup dalam, tapi jangan pernah ditinggalkan sendirian ya, karena apabila mereka cape, mereka akan tenggelam atau memanjat keluar sehingga bisa jatuh kelantai, terlebih2 bila anak kita yang memandikan si landak, bisa bareng mandi akhirnya



untuk sabunnya..bisa mengunakan segala jenis sabun /sampoo cair, pilih yang tidak memakai wewangian dan tidak dianjurkan sabun pribadi anda
Tuangkan kira2 segenggam ketangan, kemudian usapkan di punggung, perut dan kaki...hindari mata dan telinga. setelah selesai, siram dengan air hingga bersih.



Kalau ada kotoran yang bandel, bisa kita gunakan sikat gigi, pastikan kalau kita telah membilas sabun hingga benar2 bersih, kemudian bungkus si landak dalam handuk, dan tepuk2 hingga kering. pastikan mereka punya tempat berlindung yang kering untuk menunggu duri2 mereka kering total

Pastikan sikat giginya bukan bekas menyikat gigi maupun menyikat lantai kamar mandi ataupun pantat panci, karena segala cairan kimia itu berbahaya untuk binatang peliharaan
(red : waduh..bekas kita jg ngak boleh? emangnya kita kuman?)

Ingat, jangan mengajak landak anda piknik keluar setelah mandi, biarpun cuaca sedang cerah. Landak susu amat sensitif dengan perubahan cuaca, bisa pilek.
Ganti peralatan atau kandangnya setelah 10 menit, peralatan yang basah akan membuat landak susu sakit atau serba salah..(salting gitu loh)
red: kayanya setiap g mandiin, g pasti bersih2 kandang sekalian, ganti serbuk, ganti tempat air, periksa2...bukan 10 menit lagi..

Disarankan mandiin satu2, jangan sekaligus, karena ada kemungkinan, landak saling melukai karena berantem atau dijadikan sarana untuk memanjat.
(red : Wah yg bikin artikel ini pasti cuma punya 1...kaga tau kali..serunya mandi masal..)



peralatannya bisa pake ember yang ceper tp cukup tinggi atau baskom, gunanya tinggi krn mencegah landak manjat keluar, jangan coba2 pake panci, dandang... apalagi kolam renang...

Related Posts by Categories



1 coment:

Anonim mengatakan...

nice inpo gan!!

Poskan Komentar