Click for Jakarta Observatory, Indonesia Forecast
Rabu, 23 Februari 2011

DANAU SENTANI

Siapa bilang Papua atau pulau yang terkenal dengan sebutan “Bumi cenderawasih” ini hanya berisi bukit-bukit, hutan dan cuaca panas saja??? Pulau ini juga punya wisata bahari yang tidak kalah dari wilayah-wilayah lain di Indonesia. Salah satunya adalah Danau Sentani.
Tidak kurang dari empat belas kabupaten di Papua mempunyai keunikan dan daya tarik tersendiri bagi anda yang berkunjung. Banyak pilihan yang bisa anda kunjungi, ada wisata bahari yang mempersembahkan taman laut yang mempesona, wisata budaya, sejarah dan terlebih wisata fauna dan flora yang mungkin tidak bisa anda temui ditempat lain seperti burung cenderawasih.
ASAL MULA DANAU SENTANI
Yah, hanya dengan sebuah gelang Kristal (Heba), dan tiga biji manik-manik yang dalam bahasa suku sentani disebut dengan Hawa, Hae dan Naro, Ondofolo Walli bersama pembantunya Haboy membeli air di penguasa pegunungan Robonsolo (Cyclop) bernama Dobonay pada masa lalu.

Yang mana cerita tersebut berawal ketika pada masa lalu terjadi bencana kekeringan yang melanda seluruh daerah Sentani, dan bencana tersebut berdampak pada kehidupan rakyat Sentani pada masa itu. Tak menunggu lama lagi Ondofolo langsung memerintahkan pembantunya (Haboy) untuk pergi membeli air keabadian (air yang tak pernah berhenti mengalir) kepada Dobonay.

Air itupun dibeli dari Dobonay yang pada saat itu pembayarannya dilakukan kepada kedua anak Dobonay, yakni Bukunbulu dan Robonway. Meski sempat terjadi kesalahan pemabayaran tetapi saat itu permasalah tersebut dapat ditengahi oleh Dobonay.

Dalam perjalanan pulang membawa air tersebut ada satu syarat yang dititipkan oleh Dobonay yang justru menjadi bencana pada waktu itu, yakni tidak boleh membunuh satu makhkluk hidubpun dalam perjalanan pulang. Namun pada saat itu sang Ondofolo dan Haboy melupakan pesan Dobonay pada waktu berjuma seekor hewan buruan yakni burung kasuari.

Sebuah tembakan anak panah (jubi) dari Haboy berhasil mengenai sasaran tetapi alangkah kaget kedua manusia tersebut sebab burung kasuari tersebut langsung menghilang bersamaan dengan air keabadian yang dibawah oleh keduanya. Bersamaan dengan peristiwa tersebut datanglah sebuah air bah dan menghanyutkan semua benda-benda yang berada disekitar tempat tersebut, dan selanjutnya air bah tersebut membentuk telaga raksasa yang saat ini dikenal dengan Danau Sentani. Akibat kejadian tersebut sang Ondofolopun harus membayar mahal yakni ketika anak lelakinya tenggelam di dalam telaga raksasa tersebut. Namun keteguhan dan rasa bertanggung jawab kepada rakyatnya sang Ondofolopun meratap berlama-lama bahkan dirinya langsung mengajak seluruh rakyatnya untuk secara bersama-sama menyampaikan ucapan syakur kepada Yang Maha Kuasa dengan pemberian telaga raksasa yang terbentang dari Nolobu (Timur).
Di Sentani juga terdapat tugu Jendral Douglas Mc Arthur peninggalan Perang Dunia II. Di sebelah utara monument Mc Arthur, pada ketinggian 325 meter terdapat dataran pegunungan Cyclop dengan puncak Gunung Dofonsoro. Daerah ini sangat indah dan dahulu kala tempat ini merupakan pangkalan pertahanan Mc Arthur.

Danau Sentani di Papua terletak antara 20.33 hingga 2041 LS dan 1400.23 sampai 1400 38 BT. Berada 70 – 90 m diatas permukaan laut. Terletak juga diantara pegunungan Cyclops. Merupakan danau Vulkanik. Sumber airnya berasal dari 14 sungai besar dan kecil dengan satu muara sungai, Jaifuri Puay. Diwilayah barat, Doyo lama dan Boroway, kedalaman danau sangat curam. Sedangkan sebelah timur dan tengah, landai dan dangkal, Puay dan Simporo. Disini juga terdapat hutan rawa di daerah Simporo dan Yoka. Dalam beberapa catatan disebutkan, dasar perairannya berisikan substrat lumpur berpasir (humus). Pada per-airan yang dangkal, ditumbuhi tanaman pandan dan sagu. Luasnya sekitar 9.360 Ha dengan kedalaman rata rata 24,5 meter. Disekitaran danau ini terdapat 24 kampung. Tersebar dipesisir dan pulau-pulau kecil yang ada ditengah danau.

Danau Sentani merupakan danau terbesar di Provinsi Jaya Pura. Lokasi bersejarah ini, menawarkan scenery yang luar biasa. Masih adanya beberapa Bangau dan Elang yang akan menyambar seekor ikan di Danau Sentani. Anda pun disediakan sebuah perahu Johnson saat mengelilingi danau tersebut.

Sayang Danau Sentani masih kurang terkenal sebagai salah satu objek tujuan wisata dibanding dengan tempat-tempat wisata bahari lain di Indonesia.

Related Posts by Categories



2 coment:

lisatina mengatakan...

Untuk yang lagi galau, yang lagi bosan tidak tahu mau ngapain,
tenang,,sekarang ada yang akan menghibur kalian sekaligus
mengisi hari-hari kalian dengan games" online yang pastinya tidak akan
mengecewakan kalian deh...

yuk ikutan gabung bersama Pesonasaya.com
Dapatkan Bonus Rollingan TO Sebesar 0,3 - 0.5% / Hari
Bonus Referral Sebesar 20% Seumur Hidup

* Minimal deposit hanya Rp 20.000
* Minimal tarik dana Rp 20.000
* Dilayani oleh CS profesional dan ramah
* 24 jam online
* Proses Depo & WD super cepat
* No ROBOT MURNI PLAYER VS PLAYER
* kamu berkesempatan menangkan Jackpot setiap harinya.

Info lebih lanjut silahkan hubungi CS 24 Online Setiap hari melalui :
* PIN BBM : 7A996166
* WA : +85511817618

Salam Sukses Pesonaqq.com

Unknown mengatakan...

INGIN CEPAT JADI JUTAWAN YUK MARI GABUNG SEKARANG JUGA

KharismaPokerMenjadiSitusBandarQOnlineTerprcayaIndonesia

Promo yang diberikan :

Minimal DP dan WD Rp. 20.000.
Support bank lokal : BCA, BNI, BRI, MANDIRI, dan DANAMON.
Bisa dimainkan di iPhone, Android, PC / Laptop.
Online 24 jam setiap hari meskipun hari libur nasional.
Memiliki link alternatif : KharismaPoker.net.
CS nya banyak , jadi pelayanannya cepat.
Bonus REFERRAL 20% setiap minggunya.
Bonus CASHBACK 0,5% setiap minggunya.
Contact resmi kharismaPoker :

Telp :+85588278896
BBM;dc7cdd80

Posting Komentar